Sun. Apr 5th, 2020

Kontestan Serie A Tolak Rencana Play-Out dan Play-Off

Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, secara resmi menangguhkan Serie A pada Senin (9/3) malam waktu setempat. Penangguhan itu sendiri rencananya akan berlangsung hingga 3 April mendatang.

Keputusan tersebut diambil menyusul peningkatan kasus virus corona yang terus meningkat. Rencana penundaan bisa saja lebih lama jika situasi tak kunjung terkendali.

Praktis Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) harus memutar otak untuk mengatasi 11 hingga 10 laga yang tersisa saat ini. Sang presiden, Gabriele Gravina, kemudian mengajukan 3 skenario sebagai solusi untuk masalah ini.

Salah satu skenario yang diusulkan oleh Gabriele Gravina menentukan juara musim ini melalui play-off. Sementara untuk mereka yang degradasi akan ditentukan via play-out.

Sistem play-off dalam penentuan gelar scudetto akan diikuti oleh empat tim teratas di liga saat ini. Keempat klub tersebut yakni Juventus, Lazio, Inter Milan, dan Atalanta.

Sementara untuk play-out, terdapat Genoa, Lecce, SPAL, dan Brescia yang berjuang untuk lolos dari degradasi.

Akan tetapi dilansir dari La Gazzetta dello Sport, melalui jurnalisnya Nicolo Schira, sejumlah klub kontestan telah menolak langkah tersebut.

Penolakan terjadi pada rapat yang digelar Jumat (13/3) melalui panggilan video melibatkan perwakilan klub-klub Liga Italia. Tidak disebutkan klub mana yang menolak langkah tersebut namun dikabarkan jika kebanyakan klub peserta menolaknya.

Jika benar dilaksanakan, maka play-off maupun play-out akan dilangsungkan pada Juni mendatang dengan sistem pertandingan setiap tiga hari sekali.

Skenario seperti ini sebelumnya pernah dilakukan pada 2004 2004-2005. Pada musim tersebut, penentuan satu tempat tersisa di zona degradasi melibatkan Parma dan Bologna.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Bola
Author Rating
51star1star1star1star1star